Blog
Inspektorat Jenderal Kemenag RI melaksanakan pendampingan Implementasi Penguatan Kapabilitas pada SPI UIN SMH Banten

Inspektorat Jenderal Kemenag RI melaksanakan pendampingan Implementasi Penguatan Kapabilitas pada SPI UIN SMH Banten

UIN SMH Banten, Serang – Inspektorat Jenderal Kemenag RI kunjungi UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten dalam rangka pelaksanaan implementasi penguatan kapabilitas Satuan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pada Senin (13/5/2024). Kegiatan yang berlokasi di Rektorat Kampus 2 Jl. Syech Nawawi Al Bantani dilaksanakan mulai tanggal 13 Mei 2024 sampai dengan 23 Mei 2024.

Bertempat di ruang rapat Rektor lantai 2 Gedung Rektorat, pelaksanaan entry meeting implementasi penguatan kapabilitas SPI oleh Itwil II Inspektorat Jenderal Kemenag RI dilaksanakan. Rapat yang dihadiri oleh jajaran pimpinan UIN SMH Banten, Kepala, Sekretaris dan Anggota SPI, beserta jajaran pengelola teknis dimulai dengan paparan oleh Pengendali Teknis Tim Ahmad Hariyanto. Dalam paparannya, Ahmad Hariyanto menyatakan bahwa Satuan Pengawasan Internal (SPI) memiliki peran penting dalam memastikan pengelolaan organisasi yang efektif dan efisien. SPI bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi, memberikan saran perbaikan, dan memantau tindak lanjut atas temuan audit untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

Ahmad Hariyanto menekankan bahwa program penguatan SPI tidak terlepas dari dukungan dan komitmen pimpinan perguruan tinggi, sehingga hasil program dapat berdampak langsung bagi terciptanya Good University Governance. Pelaksanaan pengawasan oleh SPI, meliputi kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi non akademik yang bertujuan untuk mengendalikan kegiatan, mengamankan harta dan aset, terselenggaranya laporan keuangan yang baik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta mendeteksi secara dini terjadinya penyimpangan dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sejatinya penguatan Satuan Pengawasan Internal (SPI) di perguruan tinggi merupakan strategi penting untuk meningkatkan tata kelola, akuntabilitas, dan kinerja organisasi. Sehingga perlu kiranya komitmen yang kuat dari pimpinan, dukungan sumber daya manusia yang memadai, dan program peningkatan kompetensi yang berkala, untuk kemudian dapat meningkatkan efektifitas peran SPI dalam mendukung kemajuan perguruan tinggi.

Ketua Tim Feriantin Erlina Indrawati menambahkan bahwa Implementasi Penguatan SPI ini merupakan program lanjutan dari kegiatan Pemetaan SPI sebelumnya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan berkolaborasi bersama SPI UIN SMH Banten dalam pemenuhan dokumen yang merepresentasikan penguatan kapabilitas SPI. Diharapkan, hasil kegiatan ini dapat dapat mendorong SPI UIN SMH Banten untuk dapat mampu memperkuat peranannya sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam PMA Nomor 25 Tahun 2017.

Dalam sambutannya, Rektor UIN SMH Banten yang diwakili oleh Warek 2 Bidang Administrasi Umum Dr. H. Subhan, M.Ed. menyatakan bahwa sangat bersyukur karena UIN SMH Banten menjadi salah satu dari 15 PTKN yang dijadikan sebagai pilot project penguatan kapabilitas SPI dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. Warek 2 menegaskan bahwa, saat ini SPI UIN SMH Banten sudah sangat baik dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan. Banyak area pengelolaan yang telah dilakukan pengawasan. Sehingga, program penguatan kapabilitas SPI ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas pengawasan Intern dan SPI UIN SMH Banten akan semakin kuat, handal dan semakin baik kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *