Blog
Tuntaskan Pendampingan Penguatan Kapabilitas SPI UIN SMH Banten, Inspektorat Jenderal Gelar Exit Meeting

Tuntaskan Pendampingan Penguatan Kapabilitas SPI UIN SMH Banten, Inspektorat Jenderal Gelar Exit Meeting

UIN SMH Banten, Serang – Pelaksanaan pendampingan implementasi penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pada UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten oleh Inspektorat Jenderal Kemenag RI telah tuntas dilaksanakan. Kegiatan pendampingan yang berlangsung sejak tanggal 13 Mei 2024 sampai dengan 22 Mei 2024 ditutup dengan kegiatan sosialisasi hasil implementasi, dan dilanjutkan dengan exit meeting pendampingan Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI pada hari Rabu (22/05/2024).

Rapat sosialisasi dan exit meeting dihadiri jajaran pimpinan yang terdiri dari Rektor, para Wakil Rektor, para Kepala Biro, jajaran pimpinan Fakultas dan para pejabat pengelola teknis lainnya. Bertempat di ruang rapat Rektor lantai 2 Gedung Rektorat Jl. Syech Nawawi Al Bantani, kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala SPI HS. Suhaedi, beliau menyampaikan overview berbagai dokumen hasil serta beberapa poin yang diatur dalam produk hukum hasil implementasi penguatan kapabilitas SPI, lalu kemudian dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan dan arahan Rektor Wawan Wahyuddin.

Rektor menyampaikan bahwa program peningkatan kapabilitas SPI merupakan sebagai tonggak Reformasi SPI sebagai unit pengawasan di UIN SMH Banten, kemudian SPI harus bersinergi dengan seluruh unit fungsi di lingkungan UIN SMH banten untuk meningkatkan efektifitas pengawasan SPI. Sebagai Pimpinan, berkomitmen mendukung penuh SPI dalam menjalankan pengawasan secara menyeluruh dan komprehensif pada seluruh unit kerja di lingkungan UIN SMH Banten.

Selanjutnya materi sosialisasi produk/hasil implementasi penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) di sampaikan oleh Sekretaris SPI Rezky Mehta Setiadi. Dalam paparannya, Sekretaris SPI menyampaikan salah satu produk yang dihasilkan adalah Internal Audit Charter. Dalam Dokumen tersebut mengatur tentang Tugas dan Fungsi, wewenang, tanggungjawab, kode etik, dan lainnya, selain itu juga dipaparkan terkait latarbelakang kegiatan, produk-produk hasil, serta informasi lainnya yang tujuannya adalah diketahui oleh pimpinan dan pejabat teknis yang hadir.

Setelah kegiatan sosialisasi, dilanjutkan dengan paparan hasil pendampingan sekaligus exit meeting pelaksanaan implementasi penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten oleh tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI. Paparan disampaikan Ketua Tim Itjen Feriantin Erlina Indrawati. Dalam paparannya, ketua tim menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pendampingan telah berjalan lancar sesuai dengan harapan, hal ini ditandai dengan produk/hasil implementasi penguatan kapabilitas SPI berhasil diterbitkan selama masa pendampingan. Kedepan diharapkan, produk hasil dapat diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan pengawasan SPI tahun 2024. Kegiatan ditutup dengan penyerahan laporan hasil pendampingan yang diserahkan langsung kepada Wakil Rektor II Subhan. (Rezky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *